RSS
Post Icon

Pataheri dan Posuno

Disertasi berjudul PATAHERI DAN POSUNO: Ritual Inisiasi Masyarakat Nuaulu di Seram Selatan Kabupaten Maluku Tengah yang ditulis oleh Dr. Abd. Khalik Latuconsina, M.Si.
Sambutan Promotor Prof. Dr. H.M. Saleh A. Putuhena selengkapnya:
Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.
Bapak Ketua Sidang yang kami hormati, Bapak Promotor dan penguji yang kami hormati, hadirin dan hadirat yang berbahagia.
Alhamdulillah setelah mendapat gempuran pertanyaan-peranyaan dan sanggahan-sanggahan dari para penguji. Saudara Dr. Abdul Khalik, M.Si. tadi telah diumumkan telah lulus dengan predikat sangat memuaskan. Tentunya saya sebagai promotor dan Pak Heddy juga sebagai promotor, sangat bergembira dan berterima kasih bahwa bimbingan kami meskipun jalannya agak alot. Tapi ternyata pada hari ini telah selesai. Telah mencapai gelar doktor. Memang dari pertanyaan-pertanyaan itu ada berbagai kekurangan. Itu pertama harus dijadikan pelajaran bahwa tidak ada manusia yang sempurna di dunia ini. Tetapi yang keliru kalau kita salah untuk kedua kalinya pada lubang yang sama. Oleh karena itu saya harapkan kedepan ini diperhatikan suasana ujian ini untuk kembali Saudara memperbaiki langkah-langkah selanjutnya.
Saudarai Dr. Abdul Khalik Latuconsina, M.Si. Hari ini saudara lahir untuk kedua kalinya, lahir secara kultural dan intelektual. Kalau tahun 60-an yang lalu Saudara lahir secara biologis. Ada ibu ada hadir yang melahirkan Saudara. Sama halnya dengan kelahiran kultural dan intelektual bahwa tidak begitu lahir lalu selesailah, tetapi kehadiran ini baru titik awal dari perjalanan intelektual Saudara sebagai seorang produsen ilmu pengetahuan Doktor itu adalah produsen ilmu pengetahuan melalaui penelitian-penelitian yang awalnya saudara telah buat terhadap masyarakat Mahulu dan Sepatamilau di Pulau Serang. Memang agak diragukan apakah penelitian ini termasuk penelitian ilmu agama Islamic Studi sebab Islamic studi dalam tradisi kita yang dita ambil dari Canada misalnya masyarakat selain pemikiran masyarakat hanya terdapat pada sejarah umat Islam. Tetapi Alhamdulillah di Pascasarjana telah diperluas Islamic Studi itu tidak hanya sekedar pemikiran-pemikiran Islam terutama abab 8,9,10 yang sudah kadaluarsa seringkali. Kenapa? Karena tidak melihat bagaimana peneterapannya di dalam masyarakat. Tidak melihat, tidak meneliti bagaimana penetrapan ajaran-ajaran Islam itu di dalam masyarakat kita, karena ada alergi terhadap studi masyarakat Islam.
Tapi saya katakan tadi bahwa Pascasarjana termasuk di UIN Yogyakarta telah memelopori bahwa studi Islam itu juga termasuk juga tentang masyarakat muslim, budaya masyarakat muslim, politik masyarakat muslim, ekonomi masyarakat muslim yang selama ini oleh Barat, misalnya budaya tentang masyarakat muslim itu diteliti dalam rangka studi tentang sosiologi Agama atau antropologi Agama. Kita kurang memperhatikan sosiologi dan antropologi itu, kurang memperhatikan masyarakat. Karena itu saya harapkan agar supaya saudara sebagai Doktor dalam Ilmu Agama Islam khususnya mengenai masyarakat Islam supaya dikembangkan terus penelitian saudara dan disampaikan kepada mahasiswa-mahasiswa saudara. Jangan kita terlibat atau terlalu terfokus dengan pemikiran-pemikiran yang sudah lalu, pemikiran-pemikiran abad-abad yang lalu. Seakan-akan dilihat Islam tidak ada lagi relevansinya dengan masyarakat sekarang. Ternyata dari penelitian saudara banyak hal yang terungkap bahwa ada hal-hal yang perlu diperhatikan didalam mengamati, melihat, masyarakat Islam, penerapan ajaran-ajaran Islam di dalam masyarakat kita. Budaya sekali lagi sangat penting dalam perkembangan masyarakat kita karena agama sesungguhnya itu terdapat di dalam al-Qur’an dan Hadis yang ada diluar itu bukan agama, dia adalah budaya Islam atau dia adalah ilmu pengetahuan Islam.
Nah saya kira sekali lagi kami atas nama promotor menyampaikan selamat atas keberhasilan ini. Kita masih menunggu hasil karya tulis saudara pada masa yang akan datang dan kami ucapkan selamat sekali lagi kepada saudara, Ibu dan keluarga yang hadir pada hari maupun yang tidak hadir kami ucapkan selamat dan mungkin di dalam membimbing saudara kami promotor ada hal-hal yang tidak mengenakkan. Kami yakin bahwa itu untuk kepentingan saudara. Bukan untuk kepentingan kami tapi kami buat adalah untuk kepentingan saudara tetapi kami mohon supaya bisa dimaafkan kalau memang ada hal-hal yang tidak berkenan di ahti saudara.
Saya kira demikianlah yang dapat saya sampaikan terima kasih Pak Ketua dan semua penguji saya ucapkan banyak terima kasih.
Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar: