RSS
Post Icon

Pembelajaran Bahasa Arab yang Komunikatif

Disertasi berjudul Pendekatan Komunikasif untuk Pembelajaran Bahasa Arab yang ditulis Dr. Nasri Syakur, M.A. seorang dosen Fakultas Tarbiyah UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

sambutan Promotor Prof. Dr. H. Imam Barnadib, M.A. selengkapnya:

Yang terhormat Bapak Ketua Sidang, Bapak Sekretaris Sidang, Bapak dan Ibu Promotor dan Penguji, hadirin sekalian yang saya muliakan.

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Pada kesempatan yang bahagia ini marilah kita panjatkan puji syukur kehadirat Allah SWT bahwa atas berkenan dan ridhanya kita telah berhasil menyelenggarakan ujina promosi Doktor yang baru saja usai beberapa waktu yang lalu.

Selaku Promotor pada kesempatan ini saya merasa memperoleh kehormatan karena mendapat kesempatan pertama untuk menyampaikan selamat kepada Dr. Nasyri Syakur, M.A. dengan diraihnya gelar Doktor berarti diraih pula derajat tertinggi bidang keilmuan yang dapat diberikan oleh lembaga pendidikan Tinggi seperti UIN Sunan Kalijaga ini, sekali lagi saya ucapkan selamat.

Dengan diraihnya gelar ini, maka secara formal telah melekat pada Saudara predikat kemandirian untuk pemeliharaan dan pengembangan ilmu pengetahuan dalam bidang atau rumpun yang saudara tekuni. Saudara Dr. Nasyri Syakur, M.A. yang sangat terpelajar. Komunikasi dalam kehidupan manusia merupakan suatu faktor penting yang memberikan ciri pada eksistensi manusia, dengan komunikasi yang memadai individu atau kelompok manusia dapat mencapai pertumbuhan dan perkembangan yang memadai atau individuasi, dengan dilengkapi dengna partisipasi yang memadai keberadaan atau eksistensi individus serta kelompok manusia menjadi sangat mapan

Hadirin sekalian yang saya muliakan. Secara spesifik untuk disertasi ini Saudara telah berhasil mengadakan penelitian mengenai bidang yang secara strategis sangat penting ialah pendidikan dan pengajaran atau pembelajaran. Oleh karena itu saya menyarankan untuk terus bekerja agar penemuan dan perumusan yang telah saudara capai ini dapat diteruskan pengembangannya kepada dataran praktis. Lebih-lebih konstatasi saudara sebagaimana terdeskripsikan pada awal disertasi menunjukkan masih adanya kelemahan pendidikan dan pengajran Bahasa Arab di kalangan pendidikan tinggi. Ujud kegiatan praktisnya ialah menguji pendekatan komunikatis kambiuni ini dengan penelitian-penelitian lapangan dengan cara ini profil kombiuni akan lebih nampak. Jadi … kita beranjak dari teori kepada praktek. Keaktifan dalam bidang keilmuan rasanya tidak akan menjemukan sepanjang dilandasi kaidah-kaidah yang mapan seperti disiplin, taat aturan, itikat dan dalam masyarakat kebersamaan. Perkembangan ilmu tidak lain adalah suatu estafet yang tidak pernah henti. Sebagai akhir sambutan ini sekali lagi saya ucapkan selamat pada Dr. Nasyri Syakur, M.A. dengan keluarga. Semoga kesuksesan ini menajdi awal kesuksesan-kesuksesan berikutnya.

Kepada Bapak Ketua Sidang, Sekretaris Sidang saya sampaikan terima kasih atas kesempatan ini, dan kepada rekan Promotor dan Penguji atas kerjasamanya yang baik. Terima kasih pula kepada hadiris sekalian atas kesabaran mendengarkan sambutan ini. Saya mohon maaf terhadap kelebihan dan kekurangan sambutan saya.

Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar: